Jumat, 05 April 2013

ROBOT ANGKLUNG KARYA ANAK BANGSA


Angklung adalah alat musik yang biasanya dimainkan oleh manusia beramai-ramai. Angklung  alat musik tradisionil Indonesia yang sudah ada sejak jaman Hindu. Angklung juga sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Untuk memainkannya, kita cukup menggoyangkan dan menggetarkan angklung dengan tangan.
Sedangkan robot adalah figur bergerak buatan manusia dengan menggunakan alat-alat canggih yang terprogram, gunanya untuk mempermudah kegiatan manusia.
Waktu baca Robot Angklung saya pikir robot yang bisa memainkan angklung, :D  ternyata robot angklung itu angklung interkatif yang dibuat dalam bentuk angklung itu sendiri. Seperti  gambar dibawah ini.

Indonesia Luar Biasa
Untuk lebih jelasnya bisa cek di Yutube.com



Nama robot ini adalah Klungbot. Ide untul menciptakan klungbot oleh Karismanto Rahmandika, siswa SMP Negeri 14, Bandung, dan Krisna Diastama yang merupakan siswa SD Islam Ibnu Sina, Bandung.
Ide untul menciptakan klungbot didapatkan ketika ia melihat pertunjukan angklung. Ia berkomentar, betapa rumitnya memainkan angklung itu, butuh sangat banyak orang dan koordinasi yang rumit sehingga ketukan dan nadanya pas. Dengan menggunakan klungbot, musik angklung bisa dinikmati dengan mudah dan tanpa proses yang rumit untuk memainkannya.

Kemudian Klungbot dikembangkan oleh Tim Robot dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terdiri dari Ari Angga Rochim, Eko Mursito Budi, Krisna Diastama, Fariza Dian Prasetya, Sutriyana, Alvin Nurhadi, Bolo, dan Sholeh Taryana. Asep Suhada, seorang seniman angklung juga dilibatkan untuk kesempurnaan Klungbot.

Mereka memadukan isyarat gerakan tangan dengan sensor Kinect untuk memainkan angklung. Gerakan diolah melalui program Klungnect (software Kinect) sehingga kode-kode tangan akan diubah menjadi kode nada.Alat sensor Kinect ini adalah yang digunakan pada Xbox dan mendeteksi gerakan tubuh dengan menggunakan kamera dan infra merah.
*Canggih*

Sumber :  Klungbot, Detik. com, Kompas. com, BanggaIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar