Sabtu, 29 Desember 2012

Cara Menghapus Widget Yang Terkunci di Blog




Buat sahabat blogger, kali ini saya membagikan cara menghapus widget yang terkunci di blog, Mungkin anda yang mempunyai sebuah blog pasti pernah melihat / mengalami sendiri hal seperti itu, sebuah widget terkunci biasanya karna faktor terlalu banyak ganti sebuah template, dan widget yang terkunci tersebut adalah widget bawaan template yang sebelumnya di ganti, jadi widget yang masih tertinggal / masih menempel tersebut akan terkunci dan tidak bisa di hapus melalui tempat mengatur widget pada halaman tata letak, contoh gambarnya seperti di bawah ini.






Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, widget yang terkunci tidak akan menampilkan pilihan delete / hapus pada widget tersebut. nah untuk cara menghapusnya silahkan simak di bawah ini.



1] Login di blogger anda.


2] Buka pada menu Template.


3] Ketiga klik edit template, dan jangan lupa centang expand template widget.


4] Lalu ke empat Cari nama widget yang terkunci, bisa cari dengan CTRL+F biar gampang.


5] Yang kelima, sebagai contoh saya akan menghapus widget bernama Recent Post, contoh rangkain kode scriptnya seperti di bawah ini.

</b:includable>
</b:widget>
<b:widget id='HTML2' locked='false' title='Recent Post' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>


6] Lanjut nomer enam, seperti yang anda lihat pada rangkaian kode di atas, di situ saya memberikan contoh pada widget bernama Recent Post, pada kode script berwarna biru adalah rangkaian pembuka dan penutup widget tersebut, Bila anda ingin menghapus widget yang terkunci di blog, anda bisa menghapus mulai kode </b:includable> pertama sampai kode penutup <b:include name='quickedit'/> seperti contoh di atas.


7] Selanjutnya, bila anda sudah menghapus widget tersebut, anda bisa klik Pratinjau dulu untuk melihat terjadi error apa tidak, bila tidak ada yang error anda bisa langsung save template, dan lihat hasilnya.



Cukup segini dulu, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar